12 Kekuatan Motivasi

  1. Kesempatan kecil sering kali merupakan awal dari sebuah kesuksesan besar. Aku tahu nilai sebuah kesuksesan, dedikasi, kerja keras, serta pengapdian pada hal-hal yang ingin kau capai. Kau tidak bisa memimpikan dirimu menjadi seseorang, kau harus menempa serta membentuk dirimu seperti apa yang kau idamkan. Kemajuan selalu disertai risiko, kau tak bisa mencuri kesempatan kedua dengan tetap menjejakkan kakimu di atas kesempatan pertama.

Rahasia kebahagiaan dalam kerja ada dalam satu kata-keunggulan. Tahu bagaimana melakukan sesuatu dengan baik dan dapat menikmatinya. Kemarin aku berani berjuang. Hari ini aku berani meraih kemenangan. Jangan menunggu sampai kapalmu berlabuh, berenanglah untuk mencapainya. Kualitas hidup seseorang akan tergantung pada komitmennya untuk meraih kesuksesan, tak peduli dalam bidang apa mereka melakukannya. Untuk dapat terbang, kita harus memiliki ketahanan diri.

Tak ada gunanya seseorang berdiri di tempat yang teduh dan mengeluh sinar mentari tak menerangi dirinya. Dia harus keluar dan berada di tengah lapangan yang panas berdebu di mana semuanya berjuang menghadapi segala tantangan dan berusaha keras untuk memenangkannya. Itu jika dia menang layak menerima mahkota kemenangan.

  1. Salah satu hal yang paling jarang dilakukan oleh seseorang adalah melakukan hal terbaik yang dapat ia lakukan. Orang yang paling bijaksana bukanlah orang yang paling sedikit mengalami kegagalan, tetapi orang yang berhasil mengubah kegagalan tersebut menjadi keberhasilan. Jika kita melakukan hal-hal yang memang mampu kita lakukan, kita akan kagum pada diri kita. Jika “krisis”ditulis dalam huruf Cina, maka kata tersebut akan diwakili oleh dua karakter-satu karakter melambangkan bahaya dan satu lagi melambangkan kesempatan. Harga sebuah kesuksesan besar adalah tanggung jawab. Penderitaan akan membawa berkah, tetapi kemakmuran yang menyembunyikannya. Kesempatan selalu ada. Biarkan kailmu terus siaga. Di dalam kolam yang paling tidak kau harapkan, sering kali ikan disana sangat menyenangkan melakukan hal-hal yang tidak mungkin. Orang biasanya menunggu kesempatan datang pada mereka, tetapi orang yang kuat, pintar, dan siaga akan mencari dan mengejar kesempatan.

Jika seseorang ditakdirkan untuk menjadi seorang penyapu jalan, hendaknya ia menyapu jalanan seperti bagaimana Michelangelo melukis, atau seperti Beethoven menyusun karya musiknya atau seperti Shakespeare mencipta puisi. Ia hendaknya menyapu jalan dengan sedemikian baik dan bersih sehingga seluruh isi langit dan bersih sehingga seluruh isi langit dan bumi ini berhenti sejenak untuk berkata, seorang penyapu jalan telah menjalankan tugasnya dengan sangat baik.

  1. Secara alami manusia dikaruniai dua sisi-satu untuk bermalas diri dan satu lagi untukberpikir. Berangkat dari sana akan ditentukan keberhasilan atau kegagalan seseorang, di mana tergantung pada sisi mana yang paling banyak dipergunakan. Jangan ikuti jalan yang telah ada untuk menuju kesuatu tempat. Pergilah kearah yang belum ada jalan dan tinggalkan jejalmu. Hanya mereka yang berani menempuh risiko yang akan tahu sejauh mana jarak yang mungkin dapat ditempuh. Pikiran manusia, sekali telah dikembangkan oleh sebuah gagasan baru, tak akan pernah mendapatkan kembali dimensinya yang semula. Masa depan merupakan milik mereka yang percaya pada keindahan mimpi-mimpi mereka. Imbalan akan sesuatu yang dilakukan dengan baik adalah dengan melakukan hal tersebut. Berikan hatimu, pikiranmu, kecerdasanmu, serta jiwamu pada setiap tindakan yang kau ambil, sekecil apapun itu. Ini adalah rahasia kesuksesan. Keindahan dari sebuah kesuksesan bukanlah bagaimana kita tida pernah gagal, tetapi pada bagaimana kita bangkit kembali saat mengalami kegagalan. Perjalanan sebuah kelompok yang besar bermula dari langkah kakimu.

Bagaimana kau akan menempuh perjalanan dari tempatmu berada menuju tempat yang kau inginkan?Aku pikir kau harus memiliki antusiasme untuk hidup. Kau harus memiliki mimpi, tujuan, dan kau harus bersedia bekerja keras untuk mencapainya.

  1. Aku bukanlah orang terpintar dan paling berbakat di dunia ini. Keberhasilan yang kucapai semata-mata karena aku terus berusaha, berusaha, dan berusaha. Melakukan perbuatan jahat tidaklah baik, melakukan perbuatan yang baik, tanpa menimbulkan bahaya, cukup sering terjadi. Namun, adalah sikap dari seorang yang baik untuk melakukan tindakan besar dan terhormat walaupun ia harus mempertaruhkan segalanya. Tak ada seorang pun yang meraih keberhasilan tanpa usaha. Mereka yang mencapai kesuksesan berutang pada keteguhan hati mereka. Coba raih apa yang tak mampu kau raih. Kendala dan perjuangan kita hari ini tak lain merupakan harga yang harus kita bayar untuk pencapaian serta kemenangan kita di hari esok pikiran yang picik akan dikalahkan dan dikendalikan oleh kemalangan, tetapi pemikiran yang luas akan mengungguli semua itu. Sebuah gagasan merupakan penyelamatan oleh imajinasi. Keteguhan hati merupakan elemen penting untuk meraih kesuksesan. Jika kau mengetuk pintu dengan cukup kuat dan keras, kau pasti akan berhasil membangunkan seseorang.

Apa resep untuk mencapai kesuksesan? Bagiku hanya ada empat bumbu dasar: Pilihlah karier yang kau sukai. Berikan yang terbaik yang ada pada dirimu.Manfaatkan kesempatan. Dan jadilah anggota tim.

  1. Wright bersaudara terbang tepat menuju kabut ketidakmungkinan. Harapan yang besar menciptakan manusia yang hebat. Kejeniusan terdiri atas satu persen inspirasi dan sembilan puluh sembilan persen kerja keras. Kata”success”muncul lebih dulu daripada kata”work”hanya ada di dalam kamus. Membuat sesuatu yang mudah menjadi rumit. Itu sudah biasa, tetapi membuat sesuatu yang rumit menjadi mudah, itu yang disebut kreativitas. Cara pasti untuk melewatkan kesuksesan adalah dengan melewatkan kesempatan. Lakukan langkah besar atau tetaplah di tempat tidur. Satu hal yang paling kuat dari apapun di dunia ini, yaitu sebuah gagasan yang telah tiba waktunya untuk diwujudkan. Satu-satunya jalan untuk mengetahui batas adalah dengan mencoba menelusurinya sampai ke batas ketidakmungkinan. Tidak ada batasan akan apa yang dapat dilakukan seseorang dengan pikiran mereka. Tidak ada batasan usia untuk memulai. Tidak ada rintangan yang tak dapat diatasi jika kita teguh dan percaya akan apa yang kita lakukan.
  1. Usaha tanpa henti-bukan kekuatan atau kecerdasan-merupakan kunci untuk mengembangkan potensi diri. Masa depan menanti mereka yang berani. Terimalah tantangan sehingga kau dapat merasakan kenikmatan sebuah kemenangan. Temukan kebutuhan dan penuhilah. Tak ada sesuatu yang berharga yang datang dengan mudah. Usaha setengah-setengah tidak akan menghasilkan hasil setengah-setengah, tak akan menghasilkan apa pun. Bekerja, bekerja tanpa henti, dan bekerja keras, adalah satu-satunya cara untuk mencapai hasil yang memuaskan. Rahasia kesuksesan dalah ketetapan tujuan. Pikiran akan mengalahkan kita pada tujuan; tujuan akan membawa pada tindakan; tindakan akan membentuk kebiasaan; kebiasaan akan membentuk karakter; karakter akan memperbaiki nasip kita. Keuntungan adalah hal yang terjadi saat persiapan yang kita lakukan bertemu dengan kesempatan yang tepat. Tak ada masalah yang dapat mengalahkan pemikiran yang teguh.

Jadilah orang yang ceria. Jangan berpikir tentang kegagalan hari ini, tetapi berpikirlah tentang kesuksesan yang bisa saja datang esok hari. Kau telah mengharapkan dirimu pada tugas yang berat, tetapi kau akan berhasil jika kau tetap teguh; dan kau akan merasakan kenikmatan dapat mengatasi segala rintangan. Ingatlah, tak ada usaha yang hilang atau sia-sia dalam mencapai sesuatu yang indah.

  1. Jika kau ingin berhasil, kau harus menciptakan sendiri kesempatanmu. Aku bukanlah seorang juara saat pertama kali tampil. Aku harus membangun rasa percaya dalam diri bahwa aku memiliki kemampuan untuk menang. Bila dua orang yang berbisnis selalu saling menyetujui segala hal, salah satu dari mereka sebetulnya tidak diperlukan. Tak ada hal yang hebat yang tercipta dengan tiba-tiba. Lebih penting dari yang lain, mencapai keberhasilan lebih merupakan tujuan dari akal sehat yang konsisten daripada tujuan dari kejeniusan. Aku tak bisa membayangkan seseorang yang tidak memberikan segala yang dia miliki dalam permainan hidup ini dapat meraih kesuksesan. Setiap orang merupakan arsitek bagi keberuntungan mereka masing-masing. Jika kau memimpinkan sesuatu,berarti kau dapat melakukan hal itu. Setiap keberhasialan, baik besar maupun kecil, mengalami tahap kerja keras dan kejayaan; sebuah awal, perjuangan, dan kemenagan.

Aku melakukan yang terbaik yang dapat kelakuan, benar-benar yang terbaik, dan aku bermaksud untuk terus seperti itu sampai akhir perjuanganku. Apabila semua ini berakhir baik, segala hal yang menentangku tak akan berarti apa-apa. Namun, bila semua ini berakhir buruk, sepuluh orang malaikat yang bersumpah menyatakan bahwa tindakanku benar, tidak akan mengubah keadaan.

  1. Terlepas dari segalanya, kesiapan merupakan rahasia kesuksesan. Tak ada sesuatu yang dapat dicapai kecuali oleh orang yang berani percaya bahwa sesuatu dalam diri mereka dapat mengatasi keadaan. Mungkin orang-orang yang paling banyak bermimpi yang paling banyak berbuat sesuatu. Kekurangan uang bukanlah masalah. Kekurangan gagasan barulah masalah. Bertindaklah cepat dan berpikirlah dengan lambat. Kesuksesan bukanlah suatu prestasi seperti pencapaian akan sesuatu. Jangan bergabung dengan kelompok yang bermain untuk tidak kalah; bermainlah untuk menang. Kita menuliskan sendiri nasib kita. Kita akan menjadi apa yang kita lakukan. Adalah sesuatu yang keberadaannya begitu terbatas, sesuatu yang lebih jarang daripada kemampuan, yaitu kemampuan untuk menyadari adanya kemampuan. Tak cukup hanya memiliki maksud, kau harus bertindak untuk mewujudkannya.

Sedikit dari kita yang berkesempatan mengubah sejarah tetapi kita dapat mengubah sebagian kecil dari peristiwa-peristiwa yang terjadi, dan secara keseluruhan, semua peristiwa tersebut akan tertulis dalam sejarah generasi ini.

  1. Bila seseorang melangkah maju dengan penuh rasa percaya diri untuk menjalani hidup yang ia impikan, maka ia akan menemui keberhasilan yang tak terduga pada saat yang tak terduga pula. Tak ada sesuatu yang hebat yang dapat tercapai tanpa keberadaan orang yang hebat dan seseorang dapat menjadi besar dan hebat karena memang dia berusaha untuk menjadi demikian. Jangan menyundul. Arahkan ke luar lapangan bola. Bergabunglah dengan kelompok yang tak terkalahkan. Mengapa tidak menuju bagian batangnya saja?. Bukankah disana tempat buahnya berada?. Berikut ini merupakan pelajaran lama-tujuan yang layak untuk dicapai, energi dan kesabaran untuk mencapai keberhasilan, dan keteguhan yang tak terkalahkan oleh segala bentuk kesulitan. Adalah usaha yang teguh dan gigih yang dapat mengalahkan segala halangan, melenyapkan segala rintangan. Jangan pernah menyerah dan jangan pernah mundur. Tahu apa yang harus dilakukan adalah kebijaksanaan. Tahu bagaimana melakukannya adalah keterampilan. Namun, melakukannya dengan cara sebagaimana mestinya, adalah lebih dan di atas keduanya.

Dunia akan menilaimu dengan melihat apa yang telah kau lakukan, bukan dengan melihat apa yang telah mulai kau lakukan; menilaimu dengan melihat apa yang telah kau selesaikan, bukan dengan melihat apa yang baru saja kau mulai. Seekor anjing bulldog menang hanya dengan terus bertahan sampai akhir.

  1. Seseorang yang berjalan di jalan orang lain tidak akan meninggalkan jejak. Dengan melakukan perbuatan yang baik, seseorang tidak saja akan membawa keberuntungan bagi dirinya sendiri, tetapi juga memberikan berkah kepada orang lain. Biarkan aku menang,tetapi bila aku tak bisa menang, biarkan aku menjadi cukup berani untuk mencoba. Tak usah mempelajari tri-trik berdagang. Pelajarilah perdagangan itu sendiri. Saat karyamu berbicara untuk dirinya, jangan menyela. Putuskan untuk bertindak dan menghadapi segala konsekuensinya. Tak ada hal yang baik yang dapat dilakukan dengan keengganan. Kesempatan akan mendatangi mereka yang berpikir siap. Saat kau berusaha menyelesaikan sesuatu, jangan terlalu khawatir jika kau harus mengambil tempat orang lain. Tidak akan ada yang mengambil posisi kita kecuali kita hanya diam danberpangku tangan. Banyak orang menerima nasihat, hanya mereka yang bijaksana yang dapat memperoleh keuntungan dari nasihat-nasihat tersebut.

Tidak ada sesuatu didunia ini yang dapat mengalahkan keteguhan hati. Tidak juga bakat dan talenta, tidak ada yang lebih sering kita dengar daripada seseorang yang memiliki talenta tetapi tidak berhasil. Kejeniusan juga tidak, kejeniusan tanpa imbalan bagaikan pepatah. Pendidikan juga tidak, dunia ini penuh dengan orang-orang terpelajar tetapi terlantar. Keteguhan dan ketetapan hati adalah yang utama.

  1. Tak ada hal lain dalam kehidupan seseorang seperti suatu hari yang tidak penting. Dia yang menolak menerima kesempatan yang langka, akan kehilangan hadiah seperti dia telah kalah. Orang yang sukses adalah pemimpin yang percaya akan mimpi-mimpinya. Satu-satunya keberuntungan yang dimiliki oleh orang-orang yang hebat adalah dilahirkan dengan kemampuan dan ketetapan hati untuk mengalahkan ketidakberuntungan. Kita tak akan pernah tahu bila kita tidak pernah memulai. Percakapan pribadi dengan seorang yang bijaksana sama berharganya dengan sebuah mempelajari buku-buku. Nun jauh di sana, dalam cahaya mentari adalah aspirasiku yang tinggi. Mungkin aku tak mampu meraihnya tetapi aku bisa memandang dan mengagumi keindahannya, percaya dan mencoba mengikuti ke arah mana akan menuju. Halangan dan kendala merupakan hal-hal menakutkan yang kau lihat saat kau berpaling dari tujuanmu.

Di dasar tanggung jawab manusia adalah konsep kesempurnaan, dorongan untuk mencapainya, kecerdasan untuk menemukan jalan, dan kemauan untuk mengikuti jalan tersebut. kalaupun tak bisa sampai akhir, setidaknya sampai pada jarak yang diperlukan untuk melebihi batasan pribadi dan lingkungan.

  1. Kau dapat menjadi kecil sekecil hasrat yang mengendalikanmu, tetapi juga dapat menjadi besar sebesar aspirasi dominanmu. Saat kau menyewa orang-orang yang lebih pintar dari dirimu, kau telah membuktikan bahwa kau lebih pintar dari mereka semua. Kejeniusan adalah kemampuan untuk mengubah sesuatu yang rumit menjadi sesuatu yang sederhana dan mudah. Segala sesuatu bisa datang pada mereka yang menunggu, tetapi banyak hal yang ditinggalkan oleh mereka yang tergesa-gesa. Para pemenang sejak awal telah berharap untuk menjadi pemenang. Hidup ini merupakan ramalan yang kita buat dan kita wujudkan sendiri. Kesempatan besar bagimu mungkin saja ada dimana kau berada saat ini. Cobalah gagasanmu dengan memvisualisasikan dalam tindakan nyata. Segala sesuatu akan terjadi dengan cara yang terbaik bagi mereka yang melakukan yang terbaik terhadap sesuatu. Seluruh dunia akan memberi jalan pada seseorang yang tahu benar kemana ia akan pergi.

Menjadi menang bukanlah sesuatu hal yang kadang-kadang terjadi, tetapi terjadi setiap waktu. Kau tidak menang sesekali waktu, kau tidak melakukan hal yang benar sesekali waktu, kau melakukan setiap waktu. Menjadi menang merupakan kebiasaan. Sayangnya, menjadi kalah pun merupakan suatu kebiasaan.(sumber: fishhomeschool.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s